Kamis, 26 September 2013

User Interface (UI)

Komponen User Interface (UI)

Secara umum Arsitektur user interface (UI) pada aplikasi Android adalah user interface yang
meliputu Activity dan user interface yang terdiri dari komponen. Semua yang berhubungan dengan
user interface pada aplikasi android biasanya berada pada lokasi res/layout/filename.xml. di
mana coding java untuk memanggilnya yang kita kenal dengan R.layout.filename.
Secara umum sintaks file ini mempunyai struktur sebagai berikut:











Komponen-komponennya adalah sebagai berikut:
 <ViewGroup>
Kumpulan view di mana kita dapat menentukan tata letak komponen view secara berbeda, seperti LinearLayout, RelativeLayout, FrameLayout, serta Tabulasi. Atribut dari ViewGroup ini biasanya terdiri dari:

 android:id
resource id, yang berisi variabel unik dari element tersebut.
 android:layout_height
dimensi value-nya (height) yang diikutinya dengan opsi “fill_parent” atau “wrap_content”, tentunya perbedaan keduanya sudah kita bahas dalam akhir bab program hello android.
 android:layout_width
dimensi value-nya (width) yang diikutinya dengan opsi “fill_parent” atau “wrap_content”
 <View>
Sama seperti <ViewGroup> tetapi <View> lebih dikenal dengan “individual UI component”, atributnya juga minimal terdiri dari tiga yang sama persis dengan atribut yang dimiliki oleh <ViewGroup>.
 <requestFocus>
Element kosong yang bisa kita definisikan di dalam <view>
 <include>
Memasukkan file layout ke dalam layout. Atributnya sama dengan <ViewGroup> dan <View> tetapi ada satu tambahan atribut yaitu <resource> yang berfungsi untuk menentukan file layout-nya.

AndroidMnifest.xml
File AndroidManifest.xml diperlukan oleh setiap aplikasi android, file ini berada pada folder root aplikasi. File ini mendeskripsikan variabel global dari paket aplikasi yang kita gunakan. Berikut adalah contoh file androidManifest.xml yang akan kita gunakan dalam program Uicoding.


AndroidManifest.xml













Di dalam AndroidManifest.xml inilah berisi semua pendefinisian hal-hal yang dibutuhkan oleh aplikasi android kita, beberapa elemen yang terdapat di dalam file ini adalah sebagai berikut:

<manifest>
Titik root utama dari AndroidManifest.xml, berisi atribut package aplikasi serta paket actifity dalam program android kita.




disini terlihat bahwa package kita dalah com.immobulus.uicoding1 beserta version code yang
digunakan.

<uses-permission>
Menjelaskan tentang user permission/security permission yang harus diberikan agar aplikasi dapat berjalan sebagaimana mestinya misalnya, apabila kita menggunakan resource yang tersedia dari sistem, seperti ketika mengirim sms, dan sebagainya. Contoh uses-permission ini adalah


<permission>
Menjelaskan batasan tentang user permission/security permission.

<instrumentation>
Mendeklarasikan komponen instrumen yang tersedia untuk menguji fungsionalitas dari paket aplikasi yang kita gunakan dalam aplikasi android kita.

<intent filter>
Mendeklarasikan intent yang dibutuhkan oleh aplikasi android yang kita gunakan, atribut-atribut diberikan di sini untuk men-supply label, icon, data, dan informasi yang kita gunakan dalam aplikasi android.

<action>
Berisi tentang action type yang didukung oleh komponen-komponen yang berada dalam aplikasi android.

<category>
Mendeklarasikan kategori-kategori yang didukung oleh aplikasi android.

<data>
Mendeklarasikan tipe MIME, URL, authority penggunaan URL serta penentuan path yang digunakan dalam URL.

<meta-data>
Mendeklarasikan meta data yang kita butuhkan sebagai tambahan data yang ada kita gunakan dalam aplikasi android.

<receiver>
Mendeklarasikan di mana aplikasi kita diberikan informasi mengenai sesuatu perubahan atau aksi yang terjadi, seperti menerima SMS.

<service>
Mendeklarasikan komponen yang dapat berjalan sebagai service (berjalan di background).

<provider>
Mendeklarasikan komponen-komponen yang mengelolah data dan mempublikasikannya untuk dikelola/dipakai oleh aplikasi lain. Mendeklarasikan sdk Android yang digunakan, bisa juga menentukan sdk minimum yang digunakan.
 1 mewakili Android 1.0
 2 mewakili Android 1.1
 3 mewakili Android 1.5 (Cupcake)
 4 mewakili Android 1.6 (Donut)
 5 mewakili Android 2.0 (Eclair)
 6 mewakili Android 2.0.1 (Eclair)
 7 mewakili Android 2.1 (Eclair)
 8 mewakili Android 2.2 (Froyo)
 9 mewakili Android 2.3 (GingerBread)
 10 mewakili Android 2.3.3 (GingerBread)
 11 mewakili Android 3.0 (Honeycomb)
 12 mewakili Android 3.1 (Honeycomb)
 13 mewakili Android 3.2 (Honeycomb)
 14 mewakili Android 4.0 (IceCreamSandwich)
 15 mewakili Android 4.0.3 (IceCreamSandwich)
 16 mewakili Android 4.1 (Jelly Bean)
 17 mewakili Android 4.2 (Jelly Bean)



Sumber: PEMROGRAMAN APLIKASI MOBILE SMARTPHONE DAN TABLET PC BERBASIS ANDROID. oleh : Nazruddin Safaat H



Tidak ada komentar:

Posting Komentar