Kamis, 26 September 2013

Program Uicoding1

Pada program Uicoding1 ini kita akan coba lihat penerapan dari istilah-istilah yang telah dijelaskan .
Buatlah project android dengan ketentuan sebagai berikut:

Project Name     : Uicoding1
Build Target        : Android 4.2.2
Aplication Name : uicoding1
Package Name  : com.immobulus.hello
Activity                : uicoding1
Min SDK             : 9

uicoding1.java











uicoding1.java di atas berarti hanya menampilkan isi dari main.xml, hal itu ditunjukkan dengan coding setContenView (R.layout.main), itu berarti user interface aplikasi di-handle sepenuhnya di main.xml.

main.xml









Di dalam main.xml ini terdiri dari dua komponen yaitu TextView dan Button. TextView berupa tulisan “Hello, saya TextView” dengan nama variabel id/text serta Button dengan tulisan “Hello, saya Button” dengan variabel id/button. Di mana kedua komponen itu ditampilkan dengan layout “wrap_content”. Perhatikan pemberian nama variabel dari setiap komponen di dalam main.xml diawali dengan tanda @+. Pengguna LinearLayout akan dibahas di bab Widgets.

string.xml






string.xml cukup berisi satu variabel yaitu variabel app_name, variabel ini dipanggil melalui coding di file Android.Manifest.xml dengan perintah coding yaittu android:label = “@string/app_name” untuk menampilkan tulisan uicoding1 sebagai tampilan nama aplikasi kita. Sebenarnya kita bisa menghapus file string.xml ini dengan mengganti nilai langsung pada file Android.Manifest.xml seperti android:label = “uicoding1”, dengan bagitu file Android.Manifest tidak membutuhkan string.xml lagi untuk mengisi  Android.labelnya karena sudah diisi langsung.

Android.Manifest.xml











package=”com.immobulus.uicodig1” adalah definisi package dari aplikasi Uicoding1 kita, Anda dapat melakukan perubahan package di file ini, tapi perhatikan apabila Anda melakukan perubahan package, pastikan coding ikut diubah. Ada buah intent yang umumnya wajib dimiliki oleh aplikasi android yang kita rancang, yaitu



di dalam Android.Manifest.xml di atas, tidak kita definisikan <uses-sdk android:minSdkVersion= />., Anda dapat mendefinisikan ini jika Anda menentukan minimum SDK Android untuk mengeksekusi aplikasi Anda. Akan tetapi, target SDK Android yang dipakai ditentukan di dalam file default.propertis yang berada di dalam file Android.Manifest.xml di dalam project view.

Apabila Aplikasi Uicoding1 dijalankan akan memiliki hasil seperti gambar berikut:


Perubahan atau penambahan komponen di dalam layout (main.xml) sebenarnya tidak harus dilakukan dengan coding manual, namun bisa dilakukan dengan visual, artinya kita dapat mengedrag komponen-komponen apa saja yang mau ditambah di dalam layout (main.xml). Caranya adalah dengan menge-click Graphical Layout pada editor eclipse seperti gambar di bawah ini:


Coba Anda tambahkan komponen lain, misalnya Button, setelah itu perhatikan coding main.xml akan otomatis menambahkan coding untuk komponen yang kita tambahkan secara visual. Penambahan secara visual untuk pemula sangan membantu dalam mendesain layout main.xml



Sumber: PEMROGRAMAN APLIKASI MOBILE SMARTPHONE DAN TABLET PC BERBASIS ANDROID. oleh : Nazruddin Safaat H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar